Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis
siswa SMP pada materi Teorema Pythagoras berdasarkan level kecerdasan logis.
Penelitian dilakukan di SMP Plus Al Mugni dengan subjek sebanyak 30 siswa kelas
VIII. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik
pengumpulan data berupa angket kecerdasan logis, tes pemahaman konsep
matematis, wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil tes kecerdasan logis,
siswa dikelompokkan ke dalam tiga level yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Dari
masing-masing level dipilih dua siswa sebagai subjek utama untuk dianalisis lebih
lanjut. Pemahaman konsep matematis dianalisis berdasarkan lima indikator, yaitu:
menyatakan sebuah konsep yang telah diajarkan, mengelompokkan objek menurut
sifat-sifat tertentu, melakukan perbandingan dan membedakan konsep-konsep,
mengenal berbagai makna dari berbagai interpretasi konsep, mengaplikasikan
konsep ke dalam pemecahan masalah pembelajaran matematika. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa siswa dengan kecerdasan logis tinggi mampu memahami
konsep secara lebih menyeluruh, menggunakan representasi yang tepat, dan
memberikan alasan yang logis dalam menjawab soal. Siswa dengan kecerdasan
logis sedang memahami konsep secara prosedural namun belum optimal dalam
penalaran dan kesimpulan. Sementara itu, siswa dengan kecerdasan logis rendah
mengalami kesulitan dalam memahami konsep, menerapkan rumus, serta
menyimpulkan jawaban. Dengan demikian, terdapat perbedaan tingkat pemahaman
konsep matematis siswa berdasarkan level kecerdasan logis.