Unigal Repository

PERAN CRM PADA BISNIS KOS KOSAN DALAM MENCIPTAKAN LOYALITAS KONSUMEN DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS GALUH

Show simple item record

dc.contributor.author Setiawan, Iwan
dc.contributor.author Badriah, Elis
dc.date.accessioned 2020-08-06T09:52:30Z
dc.date.available 2020-08-06T09:52:30Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/667
dc.description.abstract Tumbuh pesatnya bisnis kos-kosan yang ada di lingkungan Universitas Galuh Ciamis menimbulkan persaingan ketat antara pengelola kos-kosan. Berbagai strategi mereka gunakan untuk meraih dan memelihara para konsumennya, namun yang terjadi adalah dari beberapa kosan yang ada terjadi turnover para penghuninya sehingga menimbulkan kekosongan dalam waktu yang tidak menentu. Hal ini akan berdampak pada tingkat keuntungan yang akan diperoleh oleh pengelola. Dampak lainnya adalah akan terganggu tingkat pengembalian kepada pihak ke tiga. Kondisi ini akan terus terjadi apabila pengelola tidak melakukan inovasi dalam mengelola bisnis kos kosan. Salah satu solusi yang bisa digunakan adalah menerapkan strategi Customer Relationship Management. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji faktor yang mengakibatkan turnover penghunni di rumah kos-kosan di lingkungan Universitas Galuh Ciamis. Menganalisis tingkat loyalitas penghuni pada rumah kos yang dihuni yang ada di lingkungan Universitas Galuh Ciamis dan Mengkaji pelaksanaan Customer Relationship Management yang dilakukan pengelola rumah kos-kosan yang berada di lingkungan Universitas Galuh Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penggunaan metode deskriptif dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan serta mengkaji Peran CRM pada Bisnis Kos-kosan dalam menciptakan loyalitas Konsumen di lingkungan Universitas Galuh. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Loyalitas penghuni rumah kosan yang ada di lingkungan Universitas Galuh tingkat loyalitasnya masih rendah. Penggunaan strategi CRM dalam bisnis rumah kos di lingkungan Universitas Galuh masih belum maksimal hal ini disebabkan kekurang pahaman dalam pengelolaannya. Strategi CRM yang digunakan dengan menggunakan 6 indikator pengukuran belum bisa memberikan pengaruh yang besar terhadap loyalitas karena ada faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Keterbatasan dalam penelitian ini hanya berfokus pada kondisi rumah kosan di lingkungan Universitas Galuh dan hasilnya belum bisa digeneralisasikan kepada unit analisis lain. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.subject Customer Relationship Management, Loyalitas Konsumen. en_US
dc.title PERAN CRM PADA BISNIS KOS KOSAN DALAM MENCIPTAKAN LOYALITAS KONSUMEN DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS GALUH en_US
dc.type Working Paper en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account