Unigal Repository

KEMAMPUAN LITERASI SAINS MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS LINTAS MINAT SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Megarahayu, Dwi Yuli
dc.contributor.author Dadi, Dadi
dc.contributor.author Rachmawat, Jeti
dc.date.accessioned 2024-10-02T02:53:40Z
dc.date.available 2024-10-02T02:53:40Z
dc.date.issued 2023-10-10
dc.identifier.issn 2722-6069
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5972
dc.description.abstract Kemampuan literasi sains pada peserta didik yang masih rendah. Keterampilan abad 21 menjadi fokus utama pendidikan saat ini khususnya pendidikan IPA. Salah satu keterampilan yang sangat penting diperhatikan supaya peserta didik mampu mengeplikasikan sains dengan tepat adalah literasi sains. Pendekatan saintifik dengan model Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat melatih dan meningkatkan literasi sains peserta didik. Tujuan Penelitian untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik dengan model PBL terhadap literasi sains melalui pembelajaran biologi pada topik Kingdom Plantae di kelas lintas minat X IPS 1 di SMA Negeri 1 Baregbeg. Waktu penelitian pada bulan Maret sapai Juni 2023. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 1 yang berjumlah 28 orang. Pengembilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-posttest Design. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa soal uraian berbasis literasi sains terkait materi Kingdom Plantae. Kompetensi literasi sains diukur berdasarkan indikator dari Programme for International Student Assessment (PISA): menjelaskan fenomena secara ilmiah. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik menggunakan uji N-Gain, uji normalitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji Z. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh pendekatan saintifik dengan model PBL terhadap literasi sains peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Z2 hitung ≥ Z 2 daftar yaitu 4,67 ≥1,65. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan en_US
dc.subject Pendekatan Saintifik, Problem Based Learning (PBL), Literasi Sains en_US
dc.title KEMAMPUAN LITERASI SAINS MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS LINTAS MINAT SMA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account