Abstract:
Kemampuan literasi sains pada peserta didik yang masih rendah. Keterampilan abad 21 menjadi fokus utama
pendidikan saat ini khususnya pendidikan IPA. Salah satu keterampilan yang sangat penting diperhatikan supaya
peserta didik mampu mengeplikasikan sains dengan tepat adalah literasi sains. Pendekatan saintifik dengan model
Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat melatih dan meningkatkan
literasi sains peserta didik. Tujuan Penelitian untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik dengan model PBL
terhadap literasi sains melalui pembelajaran biologi pada topik Kingdom Plantae di kelas lintas minat X IPS 1 di SMA
Negeri 1 Baregbeg. Waktu penelitian pada bulan Maret sapai Juni 2023. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas
X IPS 1 yang berjumlah 28 orang. Pengembilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian
yang digunakan adalah One-Group Pretest-posttest Design. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
berupa soal uraian berbasis literasi sains terkait materi Kingdom Plantae. Kompetensi literasi sains diukur berdasarkan
indikator dari Programme for International Student Assessment (PISA): menjelaskan fenomena secara ilmiah. Data hasil
penelitian dianalisis secara statistik menggunakan uji N-Gain, uji normalitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji Z.
Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh pendekatan saintifik dengan model PBL terhadap literasi sains peserta
didik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Z2
hitung ≥ Z
2
daftar yaitu 4,67 ≥1,65.