Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan open ended terhadap kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan self confidence siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimental dengan desain Non-equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di salah satu SMP Kota Tasikmalaya. Adapun sampel yang diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket self confidence. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan open ended dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung. 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa berdasarkan self confidence tinggi, sedang, dan rendah.