Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Citra Merek dan Sikap Merek Terhadap
Ekuitas Merek (Studi Kasus pada Konsumen Alfamart Baregbeg Wilayah
Mekarjaya Pulomaju).
Permasalahan yang dihadapi pada penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana pengaruh
citra merek terhadap ekuitas merek pada konsumen Alfamart Baregbeg Wilayah
Mekarjaya Pulomaju? ; 2). Bagaimana pengaruh sikap merek terhadap ekuitas
merek pada Alfamart Baregbeg Wilayah Mekarjaya Pulomaju? ; 3). Bagaimana
pengaruh citra merek dan sikap merek terhadap ekuitas merek pada konsumen
Alfamart Baregbeg Wilayah Mekarjaya Pulomaju? Adapun tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui 1). Pengaruh citra merek terhadap ekuitas merek pada
konsumen Alfamart Baregbeg Wilayah Mekarjaya Pulomaju; 2). Pengaruh sikap
merek terhadap ekuitas merek pada Alfamart Baregbeg Wilayah Mekarjaya
Pulomaju; 3). Pengaruh citra merek dan sikap merek terhadap ekuitas merek pada
konsumen Alfamart Baregbeg Wilayah Mekarjaya Pulomaju.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan
pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh
digunakan Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi
Berganda, Analisis Regresi Linear Berganda, Analisis Koefisien Determinasi, dan
Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikansi (Uji t dan Uji F).
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa citra merek dan
sikap merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek pada
Alfamart Baregbeg Wilayah Mekarjaya Pulomaju dengan besarnya pengaruh
42,25% dan sisanya 57,75% dipengaruhi faktor lain.
Diharapkan Alfamart Baregbeg Wilayah Mekarjaya Pulomaju mempertahankan
dan memperhatikan citra merek dan sikap merek sehingga akan meningkatkan
ekuitas merek.