Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Identitas Merek dan Citra Merek
Terhadap Loyalitas Merek (Suatu Studi Pada Al Amin Skincare Cabang Kota
Tasikmalaya).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1]. Bagaiamana
Pengaruh Identitas Merek Terhadap Loyalitas Merek Pada Al Amin Skincare
Cabang Kota Tasikmalaya?; 2]. Bagaimana Pengaruh Citra Merek Terhadap
Loyalitas Merek Pada Al Amin Skincare Cabang Kota Tasikmalaya?; 3].
Bagaimana Pengaruh Identitas Merek dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek
Pada Al Amin Skincare Cabang Kota Tasikmalaya? Adapun tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1]. Besarnya pengaruh identitas merek
terhadap loyalitas merek pada Al Amin Skincare Cabang Kota Tasikmalaya; 2].
Besarnya pengaruh citra merek terhadap loyalitas merek pada Al Amin Skincare
Cabang Kota Tasikmalaya; 3]. Besarnya pengaruh identitas merek dan citra merek
terhadap loyalitas merek pada Al Amin Skincare Cabang Kota Tasikmalaya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan
verifikatif dengan pendakatan kauntitatif yaitu hasil penelitian yang kemudian
diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulannya. Sedangkan untuk
menganalisis data yang diperoleh digunakan yaitu Analisis Koefisien Korelasi
Sedehana, Koefisien Determinasi, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji t dan Uji
f.
Hasil dari penelitian ini dan pengolahan data menunjukan bahwa 1]. Korelasi
sebesar 0,703, artinya terdapat korelasi positif dan memiliki hubungan yang kuat,
sebesar 49,4% sementara 50,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak
diteliti, maka hipoetsis yang diajukan yaitu terdapat pengaruh identitas terhadap
loyalitas merek dapat diterima atau teruji kebenarannya; 2]. Korelasi sebesar
0,837 artinya terdapat korelasi positif atau memiliki hubungan yang sangat kuat,
sebesar 70% sementara 30% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak
ditelit, hipotesis yang diajukan terdapat pengaruh citra merek terhadap loyalitas
merek dapat diterima atau teruji kebenarannya; 3]. Sebesar 0,848 artinya terdapat
korelasi positif atau memiliki hubungan yang sangat kuat, sebesar 71,9%
sementara 28,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ditelit, hipotesis
yang diajukan terdapat pengaruh identitas merek dan citra merek terhadap
loyalitas merek dapat diterima atau teruji kebenarannya.
Diharapkan Al Amin Skincare Cabang Kota Tasikmalaya meningkatkan identitas
merek dan citra merek terhadap loyalitas merek terhadap produknya sehingga
akan lebih meningkatkan loyalitas merek.