dc.description.abstract |
Salah satu faktor yang mendukung kemajuan suatu bangsa adalah partisipasi
perempuan dalam pembangunan masyarakat. Perempuan terdidik merupakan
aspek krusial dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Pemerintah
bersama masyarakat memiliki tanggung jawab dan berperan penting dalam
memfasilitasi kegiatan pendidikan bagi perempuan. Pusat Kegiatan Belajar
Masyarakat (PKBM) sebagai lembaga yang didirikan dan dikelola oleh
masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, keahlian dan
bakat, bertanggung jawab untuk mempersiapkan anggota masyarakat agar lebih
mandiri dalam memenuhi kebutuhannya, khususnya dalam program
pemberdayaan perempuan yang terpinggirkan. Di antara program tersebut,
Program Pendidikan Kecakapan Hidup Perempuan (PKHP) hadir sebagai
sebuah solusi alternatif untuk memberikan fasilitas bagi perempuan yang ingin
berkembang. Banyak peneliti yang mendokumentasikan kegiatan dalam
program ini dan mempublikasikannya dalam jurnal Pengabdian kepada
Masyarakat maupun jurnal ilmiah. Oleh karena itu, studi kali ini akan
menjelaskan upaya yang mereka lakukan dengan menerapkan studi literatur.
Melalui analisis menggunakan studi sintesis naratif, hasil penelitian ini
melaporkan bahwa beragam kegiatan diciptakan untuk mengembangkan
keterampilan hidup perempuan dengan memanfaatkan potensi sumber daya
alam setempat, juga metode yang digunakan untuk menyampaikan program dan
hasil yang diharapkan dicapai setelah program selesai. Studi ini juga menyajikan
beberapa implikasi praktis dan rekomendasi untuk penelitian selanjutnya. |
en_US |