Abstract:
Makalah ini adalah hasil penelitian selama 5 (lima) kali tatap muka dari sejumlah 24 (dua puluh empat) hingga 28 (dua puluh delapan) tatap muka perkuliahan Fisika yang direncanakan. Tulisan ini merupakan gagasan untuk membentuk karakter peserta didik (mahasiswa) di Perguruan Tinggi melalui perkuliahan Fisika. Penelitian ini sedang dilakukan dalam perkuliahan Fisika I pada semester ganjil ini, dan akan berlanjut dalam perkuliahan Fisika II pada semester genap Tahun Akademik 2012/2013. responden adalah mahasiswa tingkat 1 Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Galuh Ciamis Provinsi Jawa Barat. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana membentuk karakter peserta didik (mahasiswa) melalui perkuliahan Fisika. Dengan melakukan pembiasaan berdoa sebelum dan setelah perkuliahan diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai ke-Tuhanan pada diri peserta didik (mahasiswa). melalui perkuliahan Fisika pada topik Pengukuran Besaran dan Satuan peserta didik (mahasiswa) dilatih bersikap teliti dalam mengukur dengan menggunakan jangka sorong dan mikrometer skrup. Pada akhir perkuliahan peserta didik (mahasiswa) diberi tugas berupa soal-soal untuk dikerjakan di rumah. Hal ini dilakukan untuk melatih rasa tanggung jawab terhadap tugas yang dibebankan pada mereka. Dalam perkuliahan peserta didik (mahasiswa) mengerjakan soal-soal di papan tulis, lazimnya ini dilakukan peserta didik di sekolah tingkat lanjutan. Namun hal ini dilakukan mahasiswa demi pembentukan rasa percaya diri terhadap tugas yang mereka kerjakan. Tidak jarang peserta didik (mahasiswa) berselisih pendapat dalam mengerjakan soal-soal, tetapi mereka tetap menghargai pendapat orang lain sekalipun berbeda dengan pendapatnya. Diharapkan pembentukan karakter yang dilakukan selama perkuliahan Fisika dapat menjadikan sebuah karakter yang dimiliki peserta didik.