Abstract:
Prestasi siswa yang gemilang diantaranya berkat dukungan dari guru-guru yang
memiliki kompetensi yang baik, kompetensi pedagogik merupakan salah satu
kompetensi yang seharusnya dikuasai oleh setiap guru, namun di SDN 2 Kertajaya dan
SDN 3 Kedungwuluh guru-gurunya masih terlihat keluar masuk dan belum standar
gaya mengajarnya masih menggunakan cara lama dan cenderung kurang menarik bagi
siswa dan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru ini perlu dilihat
sejauhmana uoaya dari kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi dari guru gurunya. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) fungsi
kepemimpinan kepala sekolah sebagai leader, 2) kompetensi Pedagogik guru, 3) peran
kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini adalah
penelitian kualitatif yang menghasilkan data berbentuk uraian deskriptif. Metode
pengumpulan data dengan menggunakan: observasi, wawancara, dan studi dokumen.
Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, analisis
data berupa kata-kata, gambar dan bukan angka. Pemeriksaan keabsahan data dengan
Teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepala
sekolah sebagai leader memiliki peran penting dalam meningkatkan kemamuan
pedagogik guru melalui beberapa fungsi yaitu fungsi utama, fungsi manajerial dan
fungsi kepemimpinan. Penelitian ini juga menunjukan bahwa kepala sekolah yang
efektif dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru adalah mereka yang memiliki
kemampuan kepemimpinan yang kuat, kemampuan komunikasi yang baik, dan