Unigal Repository

Pengaruh Iklan Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi Pada Pembelian Kedai Seblak Jorojoy Kota Banjar)

Show simple item record

dc.contributor.author Anisa, -
dc.date.accessioned 2025-09-17T06:36:33Z
dc.date.available 2025-09-17T06:36:33Z
dc.date.issued 2025-09-17
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7896
dc.description.abstract Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Iklan Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian (suatu studi pada Konsumen Seblak Jorojoy Kota Banjar). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : (1) Bagaimana Pengaruh Iklan Sosial Media yang diterapkan kedai Seblak Jorojoy Kota Banjar (2) Bagaimana Pengaruh Keputusan Pembelian di Kedai Seblak Jorojoy Kota Banjar (3)Bagaimana Pengaruh Iklan Sosial Media dan Keputusan Pembelian di Kedai Seblak Jorojoy Kota Banjar. Latar belakang penelitian didasarkan pada fenomena persaingan ketat di industri kuliner lokal, khususnya makanan khas seblak, serta meningkatnya penggunaan media sosial sebagai sarana promosi yang efektif. Iklan media sosial dinilai mampu menjangkau audiens yang lebih luas, membangun interaksi, serta mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen Seblak Jorojoy, dengan sampel sebanyak 96 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana, analisis koefisien korelasi sederana, koefisien determinasi, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Iklan Media Sosial Pada Kedai Seblak Jorojoy berada dalam kategori baik, dengan skor rata-rata 346,26. Indikator tertinggi terdapat pada word of mouth berupa perhatian konsumen terhadap ulasan/testimoni pengguna lain, sedangkan indikator terendah pada frekuensi melihat iklan seblak di media sosial. Keputusan Pembelian juga berada pada kategori baik, ditunjukkan dengan keyakinan konsumen dalam membeli produk setelah melihat informasi di Media Sosial, kebiasaan pembelian ulang, serta pemberian rekomendasi kepada orang lain. Analisis regresi menunjukkan bahwa iklan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan kontribusi pengaruh sebesar 53,2%, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain di luar variabel penelitian. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar Kedai Seblak Jorojoy lebih memaksimalkan konten iklan di media sosial dengan meningkatkan kreativitas visual, konsistensi publikasi, serta interaksi dua arah dengan audiens, sehingga dapat memperkuat pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. en_US
dc.description.sponsorship Dr. Nurdiana Mulyatini, S.E., M.M Hj. Iyus Yustini, S.Pd., M.M en_US
dc.subject Iklan Sosial Media en_US
dc.subject Keputusan Pembelian en_US
dc.title Pengaruh Iklan Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi Pada Pembelian Kedai Seblak Jorojoy Kota Banjar) en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account