Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan sistem rekam medik
elektronik (RME) pada pasien di Puskesmas Ciamis, Kabupaten Ciamis. Penerapan sistem RME
di fasilitas kesehatan bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, keakuratan, dan aksesibilitas data
medis pasien.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan
observasi. Pengumpulan data dilakukan melalui draft wawancara kepada pasien yang pernah
menerima layanan di Puskesmas Ciamis serta tenaga kesehatan yang terkait. Aspek yang dianalisis
meliputi dimensi kualitas pelayanan menurut model SERVQUAL, yaitu tangible, reliability,
responsiveness, assurance, dan empathy.
Hasil penelitian menunjukan bahwa belum sepenuhnya optimal terhadap pelayanan sistem
RME, terutama dalam hal kecepatan pelayanan dan ketanggapan akses informasi medis. Dimana
masih terdapat beberapa kendala teknis seperti keterlambatan sistem dan kurangnya sosialisasi
kepada pasien tentang manfaat RME. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem
RME telah memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pelayanan di Puskesmas
Ciamis, meskipun diperlukan peningkatan pada aspek teknis dan komunikasi dengan pasien.