Unigal Repository

Strategi Pemasaran Keripik Pisang (Studi Kasus Pada Agroindustri Keripik Pisang Putra Mandiri di Desa Bojong Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran)

Show simple item record

dc.contributor.author HIDAYATUL FIRDAUS, TAUFIK
dc.date.accessioned 2025-09-15T06:27:10Z
dc.date.available 2025-09-15T06:27:10Z
dc.date.issued 2025-09-15
dc.identifier.other 5009210104
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7764
dc.description.abstract Pisang merupakan salah satu komoditas hortikultura tropis dengan nilai ekonomi tinggi dan potensi besar dalam pengembangan agroindustri. Desa Bojong, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran memiliki produksi pisang melimpah, namun pemanfaatannya melalui produk olahan seperti keripik pisang belum optimal dari sisi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang memengaruhi pemasaran Keripik Pisang Putra Mandiri serta merumuskan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan daya saing produk. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kekuatan utama produk adalah harga yang terjangkau, tanpa bahan pengawet, serta adanya pelanggan setia. Sementara kelemahan meliputi tampilan produk yang kurang menarik dan belum adanya badan usaha resmi. Di sisi eksternal, peluang yang dihadapi meliputi tingginya minat masyarakat, potensi pemasaran digital, dan kepercayaan konsumen. Ancaman yang dihadapi antara lain persaingan usaha, perubahan selera konsumen, dan ketidakstabilan pasokan bahan baku. Strategi yang disarankan adalah strategi agresif (kuadran I/SO), yaitu memanfaatkan kekuatan internal untuk mengoptimalkan peluang pasar. Saran untuk pelaku usaha adalah memperbaiki kemasan, menjaga kualitas, dan meningkatkan upaya promosi guna memperluas jangkauan pemasaran. en_US
dc.description.sponsorship Ir. H. Dedi Herdiansah Sujaya,M.P. Hj. Tiktiek Kurniawati,S.H.,M.M. en_US
dc.publisher Agribisnis/Fakultas Pertanian en_US
dc.subject daya saing, keripik pisang, strategi pemasaran, SWOT, UMKM en_US
dc.title Strategi Pemasaran Keripik Pisang (Studi Kasus Pada Agroindustri Keripik Pisang Putra Mandiri di Desa Bojong Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran) en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account