Unigal Repository

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN GAME WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI(Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi, Kompetensi Dasar Perpajakan di Indonesia, di Kelas XI SMA Negeri 1 Parigi)

Show simple item record

dc.contributor.author Subagja, Riky
dc.date.accessioned 2025-09-12T07:05:47Z
dc.date.available 2025-09-12T07:05:47Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7669
dc.description.abstract Rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi menjadi salah satu permasalahan yang sering dijumpai di sekolah. Hal ini terlihat dari masih banyaknya siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) serta kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran interaktif Wordwall antara pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen; 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran konvensional antara (pretest) dan (posttest) di kelas kontrol; dan 3) Perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan media pembelajaran Wordwall dengan yang menggunakan media konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Media yang digunakan adalah media kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi- experimental) menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar pada sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen antara (pretest) dan (posttest) setelah menggunakan media Wordwall; 2) Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol antara (pretest) dan (posttest) meskipun tanpa media interaktif; 3) Terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media Wordwall dengan yang menggunakan media konvensional pada saat (posttest). Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran interaktif Wordwall berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi. en_US
dc.subject media pembelajaran wordwall, hasil belajar en_US
dc.title PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN GAME WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI(Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi, Kompetensi Dasar Perpajakan di Indonesia, di Kelas XI SMA Negeri 1 Parigi) en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account