Abstract:
Rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi
menjadi salah satu permasalahan yang sering dijumpai di sekolah. Hal ini terlihat
dari masih banyaknya siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) serta kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang
menggunakan media pembelajaran interaktif Wordwall antara pengukuran awal
(pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen; 2) Perbedaan hasil
belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran konvensional antara
(pretest) dan (posttest) di kelas kontrol; dan 3) Perbedaan hasil belajar antara
peserta didik yang menggunakan media pembelajaran Wordwall dengan yang
menggunakan media konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Media yang
digunakan adalah media kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi-
experimental) menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group
Design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar pada sebelum
dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat
perbedaan signifikan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen antara
(pretest) dan (posttest) setelah menggunakan media Wordwall; 2) Terdapat
perbedaan signifikan hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol antara (pretest)
dan (posttest) meskipun tanpa media interaktif; 3) Terdapat perbedaan signifikan
antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media Wordwall dengan yang
menggunakan media konvensional pada saat (posttest). Dengan demikian,
penggunaan media pembelajaran interaktif Wordwall berpengaruh positif terhadap
hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi.