Abstract:
Pembelajaran merupakan proses komunikasi antara guru dan siswa. Namun dalam
proses komunikasi tersebut seringkali terjadi hambatan. Oleh sebab itu dibutuhkan
model pembelajaran yang relevan sebagai sarana untuk mempermudah
menyampaikan pesan. Model pembelajaran Problem Based Learning berbasis
Mind map terhadap hasil belajar kognitif siswa merupakan suatu model kombinasi
yang dipadukan dengan tehnik Mind map. Mind map disini hanya sebagai sarana
menyelesaikan masalah agar lebih mudah dipahami dengan baik. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem
Based Learning berbasis Mind map terhadap hasil belajar kognitif Siswa pada
pokok bahasan sistem perkembangbiakan pada hewan. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan menggunakan desain
penelitian berbentuk One Group, Pretest Posttest Design. Penelitian ini
menggunakan satu kelompok sampel yang dipilih secara Purposive Sampling.
sampel yang digunakan siswa kelas IX sebanyak 20 orang siswa. Pengambilan
data digunakan dengan menggunakan instrumen soal Essay sebanyak 5 soal dan
data yang diperoleh berupa skor hasil belajar kognitif siswa.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan model pembelajaran
problem based learning berbasis mind map berpengaruh secara signifikan
terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan kategori sedang (n gain = 0,51)