Unigal Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Show simple item record

dc.contributor.author Septianti, Dede Elin
dc.date.accessioned 2025-09-10T07:19:05Z
dc.date.available 2025-09-10T07:19:05Z
dc.date.issued 2025-07-29
dc.identifier.issn Septianti
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7579
dc.description.abstract Dede Elin Septianti (2107210007) “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi, Kompetensi Dasar Konsep Sistem Pembayaran, di Kelas X SMA Negeri 1 Banjarsari)”. Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Rita Patonah, S.Pd., M.Pd. sebagai pembimbing I dan Ibu Yuyun Susanti, S.Pd., M.Pd. sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Banjarsari yang mayoritas masih dibawah KKM yang disebabkan oleh terpusatnya pembelajaran pada pendidik. Menyikapi permasalahan tersebut, penulis menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada kelas eksperimen dan membandingkan dengan metode konvensional yang selama ini digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen; 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol; 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing I: Rita Patonah, S.Pd., M.Pd Pembimbing II: Yuyun Susanti, S.Pd. M.Pd en_US
dc.language.iso en en_US
dc.subject model pembelajaran kooperatif tipe student tams achievement division (STAD), hasil belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account