Abstract:
Dede Elin Septianti (2107210007) “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi, Kompetensi Dasar Konsep Sistem Pembayaran, di Kelas X SMA Negeri 1 Banjarsari)”. Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Rita Patonah, S.Pd., M.Pd. sebagai pembimbing I dan Ibu Yuyun Susanti, S.Pd., M.Pd. sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Banjarsari yang mayoritas masih dibawah KKM yang disebabkan oleh terpusatnya pembelajaran pada pendidik. Menyikapi permasalahan tersebut, penulis menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada kelas eksperimen dan membandingkan dengan metode konvensional yang selama ini digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen; 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol; 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest).