Abstract:
Regha Fajar Nugraha. Judul Skripsi “Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi
Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi (dengan
Menggunakan Model Problem Based Learning)”. Penyusunan skripsi ini dibawah
bimbingan Taupik Sopyan, S.Pd., M.Si. sebagai pembimbing I dan Dr. Romdah
Romansyah, S.Pd., M.Pd., M.Si., sebagai pembimbing II.
Perkembangan teknologi dan informasi, saat ini memberikan dampak yang sangat
besar dan signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk di
bidang pendidikan. Tujuan dilaksanakan penelitian ini yaitu untuk mengetahui
pengaruh teknologi informasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata
pelajaran biologi. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2024. Populasi
dari penilitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMAN 2 Ciamis. Sampel yang
digunakan yaitu siswa kelas X IPA 2 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini
menggunakan pendekatan eksperimen semu (Quasi eksperimental design) dengan
desain penelitian One Group Pretest Posttest. Variabel penelitian dibatasi pada
kemampuan berpikir kritis. Instrumen yang digunakan berupa soal essay berjumlah
5 butir. Hasil akhir dari penelitian ini adalah hipotesis di terima dengan kesimpulan
terdapat pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa pada mata pembelajaran biologi. Hal ini ditunjukan dengan nilai Zhitung
> Ztabel yaitu 2,5 > 1,65.