Unigal Repository

IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Show simple item record

dc.contributor.author Imam, Fathul
dc.date.accessioned 2025-09-06T08:18:44Z
dc.date.available 2025-09-06T08:18:44Z
dc.date.issued 2025-06-28
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7434
dc.description.abstract Adapun tujuan dilatarbelakangi bahwa implementasi kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SDN 1 dan SDN 2 Baregbeg, Gugus 2, Korwil Pendidikan Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis. Penelitian ini juga menganalisis berbagai kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan kompetensi pedagogik serta merumuskan solusi strategis yang dapat mendukung upaya peningkatan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi terhadap guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) implementasi kompetensi pedagogik guru telah berjalan cukup optimal, khususnya dalam hal pemahaman karakteristik peserta didik, perencanaan pembelajaran yang adaptif, pelaksanaan pembelajaran interaktif, serta evaluasi dan pemberian umpan balik yang membangun. 2) masih terdapat kendala signifikan seperti keterbatasan waktu, sarana prasarana, keterampilan penggunaan teknologi, serta variasi motivasi peserta didik. Guru mengatasi hambatan tersebut melalui strategi pengelolaan waktu, kolaborasi antar guru, inovasi media pembelajaran sederhana, serta pendekatan personal terhadap siswa yang kurang termotivasi. 3)Solusi strategis yang dikembangkan dalam penelitian ini meliputi penggunaan pendekatan pembelajaran inovatif (seperti Project-Based Learning dan pembelajaran berbasis teknologi), penguatan dukungan institusional melalui pelatihan dan supervisi kepala sekolah, serta peningkatan keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan. Penelitian ini memperkuat relevansi teori konstruktivisme, teori motivasi belajar serta prinsip pembelajaran diferensiasi dalam mendukung peran guru sebagai fasilitator pembelajaran aktif dan bermakna. Dengan demikian, penguatan kompetensi pedagogik guru menjadi faktor strategis dalam menciptakan lingkungan belajar yang memotivasi dan mendukung perkembangan potensi peserta didik secara optimal en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing I Dr. H. Kusnandi, Drs., MM., M.Pd. Pembimbing II Dr. Maman Herman, M.Pd. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher Magister Administrasi Pendidikan, FKIP en_US
dc.subject kompetensi pedagogik, motivasi belajar, strategi pembelajaran, sekolah dasar, pendekatan kualitatif. en_US
dc.title IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account