Abstract:
Adapun tujuan dilatarbelakangi bahwa implementasi kompetensi pedagogik guru dalam
meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SDN 1 dan SDN 2 Baregbeg, Gugus 2, Korwil
Pendidikan Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis. Penelitian ini juga menganalisis berbagai
kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan kompetensi pedagogik serta merumuskan
solusi strategis yang dapat mendukung upaya peningkatan motivasi belajar siswa. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi terhadap guru,
kepala sekolah, dan pengawas sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)
implementasi kompetensi pedagogik guru telah berjalan cukup optimal, khususnya dalam hal
pemahaman karakteristik peserta didik, perencanaan pembelajaran yang adaptif, pelaksanaan
pembelajaran interaktif, serta evaluasi dan pemberian umpan balik yang membangun. 2) masih
terdapat kendala signifikan seperti keterbatasan waktu, sarana prasarana, keterampilan
penggunaan teknologi, serta variasi motivasi peserta didik. Guru mengatasi hambatan tersebut
melalui strategi pengelolaan waktu, kolaborasi antar guru, inovasi media pembelajaran
sederhana, serta pendekatan personal terhadap siswa yang kurang termotivasi. 3)Solusi
strategis yang dikembangkan dalam penelitian ini meliputi penggunaan pendekatan
pembelajaran inovatif (seperti Project-Based Learning dan pembelajaran berbasis teknologi),
penguatan dukungan institusional melalui pelatihan dan supervisi kepala sekolah, serta
peningkatan keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan. Penelitian ini memperkuat
relevansi teori konstruktivisme, teori motivasi belajar serta prinsip pembelajaran diferensiasi
dalam mendukung peran guru sebagai fasilitator pembelajaran aktif dan bermakna. Dengan
demikian, penguatan kompetensi pedagogik guru menjadi faktor strategis dalam menciptakan
lingkungan belajar yang memotivasi dan mendukung perkembangan potensi peserta didik secara optimal