Abstract:
Dalam perkembangan waktu, era globalisasi membuat banyak orang melupakan signifikansinya mempertahankan keseimbangan lingkungan dalam kehidupan mereka. Oleh karena itu, beberapa di antara mereka menjadi tidak peduli terhadap masalah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan etnopedagogi dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis kearifan lokal terhadap sikap peduli lingkungan siswa. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan rancangan one-shot case study. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Sabilul Huda dengan sampel siswa kelas X yang diambil menggunakan Teknik sampling total. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu penerapan pendekatan etnopedagogi dengan model pembelajaran Problem Based learning berbasis kearifan lokal dan variable terikat penelitian ini yaitu sikap peduli lingkungan siswa. Instrumen sikap peduli lingkungan siswa yang digunakan berupa angket berjumlah 20 pernyataan. Data angket sikap peduli lingkungan siswa dianalisis menggunakan analisi deskriptif dan meggunakan uji hipotesis uji Z. Analisis data sikap peduli lingkungan siswa di peroleh dari 23 responden, ke-23 responden 80%-96,25% siswa yang memiliki sikap peduli lingkungan yang sangat tinggi. Untuk hasil analisis data sikap peduli lingkungan siswa menunjukan Zhitung ≥ Ztabel yaitu 3,96 ≥1,65. Artinya terdapat pengaruh pendekatan etnopedagogi dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis kearifan lokal terhadap sikap peduli lingkungan siswa.