Abstract:
Perkembangan pesat e-commerce di Indonesia telah menyebabkan perubahan
perilaku belanja konsumen, yang sebelumnya dilakukan secara offline menjadi
online. Berbagai strategi promosi yang ditawarkan oleh e-commerce juga
mendorong terjadinya impulsive buying. Permasalahan yang dihadapi dalam
penelitian ini meliputi: 1]. Bagaimana pengaruh flash sale terhadap impulsive
buying pada mahasiswa program studi Manajemen tahun angkatan 2021 sebagai
pengguna e-commerce Shopee?; 2]. Bagaimana pengaruh voucher gratis ongkir
terhadap impulsive buying pada mahasiswa program studi Manajemen tahun
angkatan 2021 sebagai pengguna e-commerce Shopee?; 3]. Bagaimana pengaruh
flash sale dan voucher gratis ongkir terhadap impulsive buying pada mahasiswa
program studi Manajemen tahun angkatan 2021 sebagai pengguna e-commerce
Shopee?. Metode yang digunakan yaitu metode survey dengan pendekatan
kuantitatif. Populasinya yaitu mahasiswa aktif FE Manajemen Unigal Angkatan
2021 sebagai pengguna e-commerce Shopee sebanyak 282 orang, sedangkan
sampel berjumlah 74 orang. Alat analisis data yang digunakan yaitu analisis
deskriptif dan analisis verifikatif yang terdiri dari analisis koefisien korelasi
sederhana dan berganda, analisis koefisien determinasi, analisis regresi linear
berganda, uji t, dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1] Flash sale
berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying; 2] Voucher gratis
ongkir berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying; 3] Flash
sale dan voucher gratis ongkir berpengaruh positif dan signifikan terhadap
impulsive buying pada mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi
Universitas Galuh Angkatan 2021 pengguna e-commerce Shopee.