| dc.contributor.author | Maryam, Siti | |
| dc.date.accessioned | 2025-09-03T01:37:58Z | |
| dc.date.available | 2025-09-03T01:37:58Z | |
| dc.date.issued | 2025-07-19 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7192 | |
| dc.description.abstract | Siti Maryam (2107210082). “Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 8 Kota Tasikmalaya”. Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Ilah, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing I, dan Ibu Rita Patonah, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II. Hasil belajar yang rendah merupakan masalah dalam penelitian ini. Rendahnya hasil belajar dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan model pembelajaran yang kurang mengajak siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Pendidik diharapkan dapat memilih model pembelajaran yang dapat mengajak siswa untuk berperan aktif agar hasil belajar yang dicapai lebih maksimal. Salah satu model yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran aktif tipe Card Sort. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe Card Sort pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akir (Posttest) di kelas eksperimen; (2) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas kontrol; dan (3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe Card Sort dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (Posttest). Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimental Design, dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Analisis data menggunakan uji t. Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan yaitut: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe Card Sort pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest); (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) dan (3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe Card Sort dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (Posttest). | en_US |
| dc.description.sponsorship | Ilah, S. Pd., M. Pd. Rita Patonah, S. Pd., M. Pd. | en_US |
| dc.subject | Model Pembelajaran Aktif, Card Sort, Hasil Belajar | en_US |
| dc.title | Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sprt Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 8 Kota Tasikmalaya | en_US |