Abstract:
Siti Maryam (2107210082). “Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 8 Kota
Tasikmalaya”. Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Ilah, S.Pd., M.Pd selaku
pembimbing I, dan Ibu Rita Patonah, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II.
Hasil belajar yang rendah merupakan masalah dalam penelitian ini. Rendahnya hasil
belajar dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan model pembelajaran
yang kurang mengajak siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Pendidik
diharapkan dapat memilih model pembelajaran yang dapat mengajak siswa untuk berperan
aktif agar hasil belajar yang dicapai lebih maksimal. Salah satu model yang dapat
digunakan yaitu model pembelajaran aktif tipe Card Sort. Adapun tujuan dari penelitian
ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model
pembelajaran aktif tipe Card Sort pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akir
(Posttest) di kelas eksperimen; (2) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan
metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir
(Posttest) di kelas kontrol; dan (3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model
pembelajaran aktif tipe Card Sort dengan yang menggunakan metode pembelajaran
konvensional pada pengukuran akhir (Posttest). Metode penelitian yang digunakan adalah
metode Quasi Eksperimental Design, dengan desain Nonequivalent Control Group Design.
Analisis data menggunakan uji t. Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan yaitut: (1)
Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe
Card Sort pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest); (2) Terdapat
perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada
pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) dan (3) Terdapat perbedaan
hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe Card Sort dengan
yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (Posttest).