dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep-konsep matematika yang terdapat pada bordir Tasikmalaya, motif flora yang tergolong dikotil, yaitu bunga melati, bunga matahari, dan bunga mawar. Bordir tersebut dipilih karena memiliki kekayaan bentuk visual yang mengandung unsur-unsur geometri yang bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika yang berbasis budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian yaitu bordir Tasikmalaya yang memiliki ketiga motif bunga tersebut, yang dianalisis secara visual untuk mengidentifikasi konsep matematika yang terkandung, seperti geometri bangun datar (lingkaran) dan geometri transformasi (refleksi, translasi, dilatasi dan rotasi). Instrumen penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif flora tersebut mengandung konsep-konsep matematika yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran kontekstual dan etnomatematis. Dengan demikian, bordir Tasikmalaya tidak hanya memiliki nilai estetika, tetapi juga memiliki potensi edukatif dalam pembelajaran matematika di sekolah. |
en_US |