Abstract:
Nabhan Nur Muhamad Judul Skripsi “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Penyusunan ini di bawah bimbingan Dr.Romdah Romansyah, S.Pd., M.Pd., M.Si sebagai pembimbing I
dan Bahana Aditya Adnan, S.Si., M.Sc., sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Kahoot terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem gerak di MAN 1 Majalengka. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan desain One Group Pretest-Posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-2 yang berjumlah 34 orang, yang dipilih melalui teknik purposive sampling berdasarkan hasil belajar yang tergolong rendah. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal yang mengukur ranah kognitif tingkat tinggi (C4–C6). Data dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dengan nilai X² hitung
= 7,01 < X² tabel = 7,81. Uji hipotesis menggunakan uji Z menghasilkan nilai Z hitung
= 2,97 > Z tabel = 1,65 pada taraf signifikansi 5%, sehingga hipotesis diterima. Rata- rata nilai pretest sebesar 49,42 meningkat menjadi 78,08 pada posttest dengan nilai N- Gain sebesar 0,60 yang termasuk dalam kategori sedang. Hasil ini menunjukkan bahwa model PBL berbantuan Kahoot berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa.