Unigal Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMA negeri 1 salopa

Show simple item record

dc.contributor.author Nuryani, Sri
dc.date.accessioned 2025-08-19T07:13:54Z
dc.date.available 2025-08-19T07:13:54Z
dc.date.issued 19-07-25
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6945
dc.description.abstract Sri Nuryani (2107210101) “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Salopa’’ penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Rini Agustin Eka Yanti, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Yuyun Susanti, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMAN 1 Salopa. Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik yaitu penggunaan model pembelajaran yang belum optimal dan siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran. Menyikapi permasalahan tersebut penulis menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen; 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas kontrol; 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (Posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen desain dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas kontrol; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (Posttest). en_US
dc.description.sponsorship Rini Agustin Eka Yanti, S.Pd., M.Pd, Yuyun Susanti, S.Pd., M.Pd. en_US
dc.publisher Pendidikan Akuntansi en_US
dc.subject Model pembelajaran kooperatif tipe scramble, hasil belajar en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMA negeri 1 salopa en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account