Abstract:
Sri Nuryani (2107210101) “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Scramble Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Salopa’’
penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Rini Agustin Eka Yanti, S.Pd., M.Pd
selaku pembimbing I dan Ibu Yuyun Susanti, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada
mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMAN 1 Salopa. Faktor yang
mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik yaitu penggunaan model
pembelajaran yang belum optimal dan siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran.
Menyikapi permasalahan tersebut penulis menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe Scramble. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan
hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Scramble pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas
eksperimen; 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model
pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir
(Posttest) di kelas kontrol; 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dengan yang
menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (Posttest).
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen desain dengan desain
Nonequivalent Control Group Design.
Hasil penelitian menunjukkan; 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta
didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble pada
pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen; 2)
Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model
pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir
(Posttest) di kelas kontrol; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dengan yang
menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (Posttest).