Abstract:
Ani Srihastuti. Judul Skripsi “Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Materi
Bioteknologi Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media
Animasi Interaktif”. Penyusun skripsi ini dibawah bimbingan Dr. Hj. Nur Ilmiyati,
Dra., M.M., M.Pd., sebagai pembimbing I dan Endang Hardi,Drs., M.Pd sebagai
pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir kreatif siswa yang masih
rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis model pembelajaran project
based learning berbantuan media animasi interaktif terhadap kemampuan berpikir
kreatif siswa pada pembelajaran biologi. Waktu penelitian pada bulan Mei sampai
Juni 2025. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Cisaga.
Sampel yang digunakan yaitu kelas X-1 dengan jumlah 32 peserta didik. Teknik
pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Metode yang
digunakan pada penelitian ini adala metode penelitian deskriptif melalui
pendekatan kualitatif. Desain penelitian ini menggunakan one-shot case study
design. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi
berdasarkan indikator yang telah ditentukan. Data yang diperoleh dengan hasil
persentase menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran project based
learning berbantuan media animasi interaktif ini ditunjukkan pada hasil rata-rata
persentase dari semua indikator aspek keterampilan berpikir kreatif peserta didik
yaitu 85%. Penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan
media animasi interaktif signifikan dapat meningkatkan keterampilan berpikir
kreatif siswa dengan kategori sangat kreatif.