Unigal Repository

Strategi Pemasaran Kopi Arabusta (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Galatani Kopi di Desa Sukamanah Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis)

Show simple item record

dc.contributor.author Muharrom, Romi Aji
dc.date.accessioned 2025-08-16T06:22:51Z
dc.date.available 2025-08-16T06:22:51Z
dc.date.issued 2025-02-27
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6930
dc.description.abstract ABSTRAK ROMI AJI MUHARROM, 2025. STRATEGI PEMASARAN KOPI ARABUSTA (Studi Kasus pada Kelompok Tani Galatani Kopi di Desa Sukamanah Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis). IVAN SAYID NURAHMAN dan RIAN KURNIA. Penelitian ini berfokus pada Strategi Pemasaran Kopi Arabusta yang dilakukan oleh Kelompok Tani Galatani Kopi di Dusun Gunung Bangka, Desa Sukamanah, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) serta faktor eksternal (peluang dan ancaman) yang memengaruhi pemasaran kopi arabusta sekaligus merumuskan strategi pemasaran yang relevan menggunakan analisis SWOT. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan observasi, wawancara, dokumentasi dan pengumpulan data primer serta data sekunder. Faktor kekuatan yang ditemukan meliputi kualitas produk yang baik, lokasi strategis, harga produk kopi yang terjangkau dan memanfaatkan teknologi yang baik. Namun, kelemahan seperti minimnya kegiatan promosi dan inovasi, serta biaya operasional yang tinggi menjadi tantangan internal. Di sisi lain, peluang eksternal mencakup meningkatnya permintaan pasar, memiliki pelanggan tetap dan dukungan pemerintah, sementara ancaman datang dari persaingan pasar, hama dan penyakit serta fluktuasi harga bahan baku. Analisis SWOT menghasilkan strategi agresif yang memanfaatkan kekuatan untuk meraih peluang seperti memperluas jangkauan pemasaran serta meningkatkan efisiensi promosi, dan mempertahankan harga jual produk. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi Kelompok Tani Galatani Kopi dan pemangku kepentingan lainnya dalam meningkatkan daya saing Kopi Arabusta di pasar lokal dan nasional. en_US
dc.subject Analisis SWOT, Galatani, Strategi Pemasaran en_US
dc.title Strategi Pemasaran Kopi Arabusta (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Galatani Kopi di Desa Sukamanah Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account