Abstract:
ABSTRAK
ROMI AJI MUHARROM, 2025. STRATEGI PEMASARAN KOPI ARABUSTA
(Studi Kasus pada Kelompok Tani Galatani Kopi di Desa Sukamanah Kecamatan
Sindangkasih Kabupaten Ciamis). IVAN SAYID NURAHMAN dan RIAN
KURNIA.
Penelitian ini berfokus pada Strategi Pemasaran Kopi Arabusta yang dilakukan oleh
Kelompok Tani Galatani Kopi di Dusun Gunung Bangka, Desa Sukamanah,
Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengidentifikasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) serta faktor eksternal
(peluang dan ancaman) yang memengaruhi pemasaran kopi arabusta sekaligus
merumuskan strategi pemasaran yang relevan menggunakan analisis SWOT.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan observasi,
wawancara, dokumentasi dan pengumpulan data primer serta data sekunder. Faktor
kekuatan yang ditemukan meliputi kualitas produk yang baik, lokasi strategis, harga
produk kopi yang terjangkau dan memanfaatkan teknologi yang baik. Namun,
kelemahan seperti minimnya kegiatan promosi dan inovasi, serta biaya operasional
yang tinggi menjadi tantangan internal. Di sisi lain, peluang eksternal mencakup
meningkatnya permintaan pasar, memiliki pelanggan tetap dan dukungan
pemerintah, sementara ancaman datang dari persaingan pasar, hama dan penyakit
serta fluktuasi harga bahan baku. Analisis SWOT menghasilkan strategi agresif
yang memanfaatkan kekuatan untuk meraih peluang seperti memperluas jangkauan
pemasaran serta meningkatkan efisiensi promosi, dan mempertahankan harga jual
produk. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi Kelompok Tani
Galatani Kopi dan pemangku kepentingan lainnya dalam meningkatkan daya saing
Kopi Arabusta di pasar lokal dan nasional.