Abstract:
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk bisa mengetahui tentang pemanfaatan media
audio visual film Soekarno pada pembelajaran Sejarah di kelas XI MAS Terpadu
Pakunagara, Kecamatan Cipaku di dalam pembelajaran Sejarah Nasional Indonesia
masa awal kemerdekaan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan
efektivitas pembelajaran sejarah di kelas yang seringkali dilakukan secara
konvensional dan monoton. Upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar masih
terkendala oleh keterbatasan media pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan studi kasus dengan metode kualitatif. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penggunaan media Audio Visual
film Soekarno, pembelajaran berlangsung kurang interaktif dan kurang diminati
siswa. Namun setelah menggunakan media audio visual film Soekarno dalam
pembelajaran Sejarah di kelas XI MAS Terpadu Pakunagara mampu menciptakan
suasana kelas yang lebih interaktif, meningkatkan minat dan partisipasi siswa, serta
mempermudah pemahaman siswa terhadap nilai-nilai perjuangan bangsa. Namun
demikian, penerapan media ini masih menghadapi hambatan, seperti keterbatasan
sarana teknologi di sekolah dan rendahnya literasi digital siswa. Secara
keseluruhan, penggunaan film sebagai media audio visual terbukti memberikan
kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah dan dapat
dijadikan alternatif metode pembelajaran yang efektif dan menarik.