Abstract:
l Berbasis Flashcard Terhadap Hasill Belajar Peserta Didik (Studi Quasi
Eksperimen Kompetensi Dasar Jurnal Umum Mata Pelajaran Dasar Program
Keahlian di Kelas X AKL SMK N 1 Ciamis)” Penulisan skripsi ini dibawah
bimbingan Ibu Ilah, S.Pd., M.Pd. dan Bapak Nur Rizqi Arifin, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar, karena hasıl
belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka
pendidik dituntut untuk segera mencari berbagai upaya untuk mencapai
keberhasilan Rendahnya hasıl belajar dilatarbelakangi oleh berbagai faktor
diantaranya pemilihan model pembelajaran dengan tipe yang tepat digunakan oleh
pendidik. Menyikapi masalah tersebut penulis menerapkan penggunaan media
audio visual berbasis flashcard terhadap hasıl belajar peserta didik dengan metode
pembelajaran konvensional yang selama ini digunakan. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik
yang menggunakan media pembelajaran audio visual bebasis flashcard pada
pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen; 2)
Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran
konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di
kelas kontrol; 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media
pembelajaran audio visual berbasis flashcard dengan yang menggunakan metode
konvensional pada pengukuran akhir (Posttest).
Metode penelitian yang digunakan adalah metode ekperimen dengan teknik
Quasin Eksperimen dan desain eksperimennya yaitu Nonequivalent Control Grup
Design. Yang menjadi unit populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X
AKL SMK Negeri 1 Ciamis yang terdiri dari 5 kelas. Penentuan sampel digunakan
dengan teknik purpose sampling, yaitu 2 kelas yang bersifat homogen.
Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat perbedaan tingkat hasil belajar
peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran audio visual berbasis
flashcard pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas
X AKL 1 sebagai kelas eksperimen; 2) Terdapat perbedaan tingkat hasil belajar
peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran konvemsional pada
pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas X AKL 2
sebagai kelas kontrol; 3) Terdapat perbedaan tingkat hasil belajar peserta didik yang
menggunakan media pembelajaran audio visual berbasis flashcard dengan
menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest)
di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa
adanya perbandingan nilai pengukuran akhir (posttest) pada kelas yang
menggunakan media pembelajaran audio visual berbasis flashcard dengan kelas
yang menggunakan metode pembelajaran ceramah. Sehingga dapat diartiakan
bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media
pembelajaran audio visual berbasis flashcard pada kelas eksperimen dengan peserta
didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada kelas kontrol.