dc.description.abstract |
Ismatal Qisthi Insani. Judul Skripsi: Pengaruh Pendekatan SETS (Science,
Environment, Technology, and Society) menggunakan Media Modul Interaktif
Digital terhadap Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Baregbeg. Skripsi ini
dibimbing oleh Bapak Taupik Sopyan S.Pd., M.Si. sebagai pembimbing I dan Ibu
Giena Sitha Supriatna, S.Pd., M.Pd. sebagai pembimbing II.
Rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran Biologi masih menjadi
persoalan yang perlu diatasi dengan strategi pembelajaran yang inovatif. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan SETS (Science, Environment,
Technology, Society) menggunakan media modul interaktif digital terhadap minat
belajar siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2025 di SMA Negeri 1
Baregbeg. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, dengan
sampel sebanyak 33 siswa dari kelas X Fase E 2 yang dipilih menggunakan teknik
purposive sampling. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (pre experimental) dengan desain penelitian one-shot case study. Variabel independen
dalam penelitian ini adalah penggunaan pendekatan SETS dengan media modul
interaktif digital, sedangkan variabel dependennya adalah minat belajar siswa.
Instrumen yang digunakan berupa angket minat belajar berskala Likert. Data
dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan uji hipotesis Z. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata minat belajar siswa berada pada
kategori sangat tinggi yaitu 84,86. Uji Z menunjukkan bahwa nilai Z hitung sebesar
3,76 lebih besar dari Z tabel pada taraf signifikansi 1% (2,33), sehingga dapat
disimpulkan bahwa pendekatan SETS dengan media modul interaktif digital
berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa
Kata Kunci: Pendekatan SETS, Modul Interaktif Digital, Minat Belajar, Perubahan
Lingkungan |
en_US |