Unigal Repository

Pengaru Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) menggunakan Media Modul Interaktif Digital terhadap Minat Belajar Siswa

Show simple item record

dc.contributor.author Insani, Ismatal Qisthi
dc.date.accessioned 2025-08-11T06:11:45Z
dc.date.available 2025-08-11T06:11:45Z
dc.date.issued 2025-08-11
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6822
dc.description.abstract Ismatal Qisthi Insani. Judul Skripsi: Pengaruh Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) menggunakan Media Modul Interaktif Digital terhadap Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Baregbeg. Skripsi ini dibimbing oleh Bapak Taupik Sopyan S.Pd., M.Si. sebagai pembimbing I dan Ibu Giena Sitha Supriatna, S.Pd., M.Pd. sebagai pembimbing II. Rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran Biologi masih menjadi persoalan yang perlu diatasi dengan strategi pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) menggunakan media modul interaktif digital terhadap minat belajar siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2025 di SMA Negeri 1 Baregbeg. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, dengan sampel sebanyak 33 siswa dari kelas X Fase E 2 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (pre experimental) dengan desain penelitian one-shot case study. Variabel independen dalam penelitian ini adalah penggunaan pendekatan SETS dengan media modul interaktif digital, sedangkan variabel dependennya adalah minat belajar siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket minat belajar berskala Likert. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan uji hipotesis Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata minat belajar siswa berada pada kategori sangat tinggi yaitu 84,86. Uji Z menunjukkan bahwa nilai Z hitung sebesar 3,76 lebih besar dari Z tabel pada taraf signifikansi 1% (2,33), sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan SETS dengan media modul interaktif digital berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa Kata Kunci: Pendekatan SETS, Modul Interaktif Digital, Minat Belajar, Perubahan Lingkungan en_US
dc.description.sponsorship Taupik Sopyan, S.Pd., M.Si Giena SItha Supriatna, S.Pd., M.Pd en_US
dc.language.iso en en_US
dc.title Pengaru Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) menggunakan Media Modul Interaktif Digital terhadap Minat Belajar Siswa en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account