Unigal Repository

Pembelajaran Matematika Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Head Toghether (NHT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa

Show simple item record

dc.contributor.author TSANYATI, SITI PAUZIA
dc.date.accessioned 2025-05-22T01:48:11Z
dc.date.available 2025-05-22T01:48:11Z
dc.date.issued 2025-05-21
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6395
dc.description.abstract SITI PAUZIA TSANYATI. (2118180048). PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA. Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah kemampuan pemahaman matematis siswa yang masih cenderung rendah. Oleh karenanya perlu menerapkan model pembelajaran yang inovatif untuk dapat mengatasi permasalahan dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Dari berbagai literatur, kajian pustaka dan penelitian sebelumnya, diprediksi bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: mengkaji perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran model Numbered Head Together (NHT) dengan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen, dengan desain penelitian The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Mathlabussa’adah yang terdiri dari 2 kelas dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun Sampel yang digunakan adalah kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 27 siswa dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes yaitu tes kemampuan pemahaman matematis. Pokok bahasan yang disajikan sebagai bahan materi adalah Bangun Datar (Segitiga dan Segiempat). Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran model Numbered Head Together (NHT) dengan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung. Kata Kunci : Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Kemampuan Pemahaman Matematis en_US
dc.description.sponsorship Amam Dr. Asep , S.PD.,M.Pd., Sunaryo Yoni , S.Pd.,M.Pd., en_US
dc.language.iso other en_US
dc.title Pembelajaran Matematika Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Head Toghether (NHT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account