Abstract:
Penyuluh pertanian berperan penting dalam memberikan bimbingan teknis,
informasi, dan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi petani, sehingga
efektifitas kine rja penyuluh sangat mempengaruhi hasil dan kesejahteraan petani.
Namun, masih ditemukan beberapa keluhan dari petani mengenai kualitas
pelayanan yang diberikan oleh penyuluh. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis Tingkat kinerja dan tingkat kepuasan petani pepaya terhadap kinerja
penyuluh pertanian di Desa Sinartanjung, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data
melalui survei dan kuesioner yang dibagikan kepada 20 petani pepaya. Metod e
Skoring digunakan untuk mengukur Tingkat K inerja P enyuluh Pertanian dan
Tingkat Kepuasan Petani Pepaya . Variabel yang dianalisis mencakup lima
dimensi: reliabilitas, responsivitas, empati, jaminan, dan bukti langsung. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa t ingkat kinerja penyuluh pertanian di Desa
Sinartanjung Kecamatan Pataruman Kota Banjar dikategorikan baik karena dalam
pandangan petani pepaya bahwa mereka sudah menjalankan peran mereka sebagai
penyuluh dengan baik hal tersebut dapat dilihat dari jumlah respondennya 8
orang atau 40% berada dalam kategori baik. Tingkat kepuasan petani pepaya
terhadap kinerja penyuluh pertanian di Desa Sinartanjung Kecamatan Pataruman
Kota Banjar termasuk kedalam kategori cukup puas, hal tersebut menunjukkan
bahwa penyuluh pertanian masih kurang dalam memberikan pelayanan yang
maksimal kepada para petani pepaya sehingga petani papaya merasa cukup puas
terhadap kinerja penyuluh pertanian. Hal ini dapat dilihat dari jumlah responden
yang sebagian besar berada pada kategori cuk up puas dengan responden sebanyak
13 orang atau 65%.