Abstract:
Koneksi matematis merupakan kemampuan yang penting dimiliki siswa Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) dalam menyelesaikan masalah-masalah sesuai dengan
bidang keahliannya. Pertanian merupakan salah satu bidang keahlian yang banyak
memerlukan kemampuan koneksi matematis dalam menyelesaikan berbagai
masalahnya. Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa dapat difasilitasi oleh
guru dengan mengonstruksi tugas matematis sesuai dengan konteks bidang pertanian.
Penelitian kualitatif dengan metode studi kasus ini mendeskripsikan konstruksi tugas
matematis berbasis hasil pertanian dan kemampuan koneksi matematis siswa dalam
menyelesaikan tugas tersebut. Konstruksi tugas matematis dilakukan dengan
mengintegrasikan konteks-konteks hasil pertanian dan konsep-konsep matematika.
Tugas matematis tersebut digunakan pada pembelajaran matematika siswa SMK
Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian Kelas X. Pengambilan data
kemampuan koneksi matematis siswa dilakukan melaui tes, observasi, dan wawancara
yang terfokus pada kemampuankoneksi konteks denga konsep matematis, koneksi
antar konsep matematis, dan koneksi prosedur matematis. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis banyak terkendala pada
kemampuan koneksi antar konsep matematis. Diperlukan peningkatan kemampuan
koneksi matematis siswa dengan melakukan konstruksi tugas matematis yang
memiliki keragaman konsep matematika