dc.contributor.author |
Maulana, Ihsyal |
|
dc.date.accessioned |
2024-10-12T01:39:42Z |
|
dc.date.available |
2024-10-12T01:39:42Z |
|
dc.date.issued |
2024-10-11 |
|
dc.identifier.issn |
Ihsyal |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6027 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi Efektivitas Pelayanan e-KTP di Kecamatan Cipaku belum
optimal. Hal itu terlihat dari beberapa indikator masalah yaitu masih adanya keterlambatan
waktu dan informasi dari pihak kecamatan dalam hal pembuatan e-KTP. Metode yang
digunakan adalah kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah sebanyak 5 orang.
Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang dapat dilakukan meliputi observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan/analisis data dalam penelitian ini yaitu,
reduksi data, tampilan data verifikasi kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Efektivitas Pelayanan e-KTP di
Kecamatan Cipaku secara umum kurang berjalan dengan optimal sesuai dengan tiga faktor
untuk mengetahui efektivitas pelayanan menurut Sondang P. Siagian dalam Nur’aini
(2021:2569) seperti: lamanya waktu untuk pembuatan e-KTP, kurangnya ketelitian dari
pemberi layanan kepada pemohon pembuatan e-KTP, kurangnya keramahan pemberi layanan
kepada Masyarakat pemohon. Untuk mengatasi hambatan-hambatan dilakukan upaya-upaya
diantaranya meningkatkan ketepatan waktu dalam pembuatan e-KTP, meningkatkan ketelitian
dan responsivitas pegawai dalam proses pelayanan, serta pentingnya pemberi layanan
memberikan layanan yang efektiv ridak berbelit-belit sehingga memudahkan masyarakat
pemohon dalam pembuatan e-KTP di Kecamatan Cipaku. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Vestikowati Endah, Garvera Rindu |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.subject |
Efektivitas Pelayanan e-KTP Di Kecamatan Cipaku |
en_US |
dc.title |
Efektivitas Pelayanan e-KTP Di Kecamatan Cipaku |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |