Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi Efektivitas Pelayanan e-KTP di Kecamatan Cipaku belum
optimal. Hal itu terlihat dari beberapa indikator masalah yaitu masih adanya keterlambatan
waktu dan informasi dari pihak kecamatan dalam hal pembuatan e-KTP. Metode yang
digunakan adalah kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah sebanyak 5 orang.
Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang dapat dilakukan meliputi observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan/analisis data dalam penelitian ini yaitu,
reduksi data, tampilan data verifikasi kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Efektivitas Pelayanan e-KTP di
Kecamatan Cipaku secara umum kurang berjalan dengan optimal sesuai dengan tiga faktor
untuk mengetahui efektivitas pelayanan menurut Sondang P. Siagian dalam Nur’aini
(2021:2569) seperti: lamanya waktu untuk pembuatan e-KTP, kurangnya ketelitian dari
pemberi layanan kepada pemohon pembuatan e-KTP, kurangnya keramahan pemberi layanan
kepada Masyarakat pemohon. Untuk mengatasi hambatan-hambatan dilakukan upaya-upaya
diantaranya meningkatkan ketepatan waktu dalam pembuatan e-KTP, meningkatkan ketelitian
dan responsivitas pegawai dalam proses pelayanan, serta pentingnya pemberi layanan
memberikan layanan yang efektiv ridak berbelit-belit sehingga memudahkan masyarakat
pemohon dalam pembuatan e-KTP di Kecamatan Cipaku.