Unigal Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA GAMBAR ILUSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 BANJARSARI

Show simple item record

dc.contributor.author Rizki, Muhamad
dc.date.accessioned 2024-09-21T03:24:54Z
dc.date.available 2024-09-21T03:24:54Z
dc.date.issued 2024-09-21
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5786
dc.description.abstract ABSTRAK Muhamad Rizki (20171200018) “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantu Media Gambar Ilustrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Banjarsari”. Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Rini Agustin Eka Yanti, S.Pd., M.Pd selaku Pembimbing I dan Ibu Rita Patonah, S.Pd., M.Pd selaku Pembimbing II. Rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Banjarsari merupakan permasalahan yang harus segera diatasi. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya penggunaan metode pembelajaran yang belum optimal. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantu media gambar ilustrasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta siswa yang menggunakan model pembelajaran koooperatif tipe Think Pair Share berbantu media gambar ilustrasi pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran koooperatif tipe Think Pair Share berbantu media gambar ilustrasi dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen desain Quasi Experimental Design Nonequivalent Control Group Design. Analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran koooperatif tipe Think Pair Share berbantu media gambar ilustrasi pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran koooperatif tipe Think Pair Share berbantu media gambar ilustrasi dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). kata kunci: model pembelajaran kooperatif, think pair share, media, gambar ilustrasi, hasil belajar. en_US
dc.description.sponsorship Yanti Rini Agustin Eka; Patonah Rita en_US
dc.language.iso en en_US
dc.publisher Muhamad Rizki en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA GAMBAR ILUSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 BANJARSARI en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account