Abstract:
ABSTRAK
Muhamad Rizki (20171200018) “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Think Pair Share Berbantu Media Gambar Ilustrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa
Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Banjarsari”. Penulisan skripsi ini
dibawah bimbingan Ibu Rini Agustin Eka Yanti, S.Pd., M.Pd selaku Pembimbing I
dan Ibu Rita Patonah, S.Pd., M.Pd selaku Pembimbing II.
Rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Banjarsari
merupakan permasalahan yang harus segera diatasi. Rendahnya hasil belajar siswa
disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya penggunaan metode pembelajaran
yang belum optimal. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu
dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantu
media gambar ilustrasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil
belajar peserta siswa yang menggunakan model pembelajaran koooperatif tipe
Think Pair Share berbantu media gambar ilustrasi pada pengukuran awal (pretest)
dan pengukuran akhir (posttest); 2) Perbedaan hasil belajar siswa yang
menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest)
dan pengukuran akhir (posttest); 3) Perbedaan hasil belajar siswa yang
menggunakan model pembelajaran koooperatif tipe Think Pair Share berbantu
media gambar ilustrasi dengan yang menggunakan model pembelajaran
konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan
yaitu metode eksperimen desain Quasi Experimental Design Nonequivalent
Control Group Design. Analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian
menunjukkan; 1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model
pembelajaran koooperatif tipe Think Pair Share berbantu media gambar ilustrasi
pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) Terdapat
perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran
konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 3)
Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran
koooperatif tipe Think Pair Share berbantu media gambar ilustrasi dengan yang
menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest).
kata kunci: model pembelajaran kooperatif, think pair share, media, gambar
ilustrasi, hasil belajar.