Unigal Repository

Penggunaan Media Sosial Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Generasi Z Pada Pemilihan Presiden Tahun 2024

Show simple item record

dc.contributor.author Pratama, Raka Aditya
dc.date.accessioned 2024-09-21T03:02:57Z
dc.date.available 2024-09-21T03:02:57Z
dc.date.issued 2024-09-20
dc.identifier.other 3506200096
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5777
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengaruh penggunaan media sosial dalam meningkatkan partisipasi pemilih Generasi Z dalam pemilihan presiden tahun 2024 yang belum optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis informan sebanyak 6 orang. Teknik pengumpulan data adalah studi kepustakaan, studi lapangan (observasi dan wawancara) dan dokumentasi. Penulis menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui pengolahan data hasil wawancara dan observasi untuk ditarik kesimpulan sehingga dapat menjawab permasalahan penggunaan media sosial dalam meningkatkan partisipasi pemilih Generasi Z dalam pemilihan presiden tahun 2024. Peneliti menggunakan teori menurut Myron Weiner, (1991) dalam Ridestian, (2020:21) yang memformulasikan adanya 5 (lima) dimensi yang mempengaruhi partisipasi politik, yaitu : Modernisasi, Perubahan-perubahan struktur kelas sosial, Pengaruh kaum intelektual dan Komunikasi massa modern, Konflik di antara kelompok-kelompok pemimpin politik, Keterlibatan pemerintah yang meluas dalam urusan sosial,ekonomi, dan kebudayaan. Adapun hasil penelitian ialah sudah optimal sesuai dengan hasil wawancara yang dilapangan dari 8 indikator semua indikator sudah optimal, Dimana tidak terdapat kendala dan keluhan dari informan di setiap indikator, maka dengan demikian penelitian ini dianggap sudah optimal, dan tidak ada permasalahan yang signifikan yang dapat mempengaruhi Tingkat partisipasi generasi Z dalam pemilihan presiden tahun 2024. en_US
dc.description.sponsorship Dini Yuliani, S.IP., M.Si H. Otong Husni Taufik, S.IP., M.Si. en_US
dc.language.iso en en_US
dc.publisher Ilmu Pemerintahan / FISIP en_US
dc.subject Media Sosial, Partisipasi Pemilih, Generasi Z, Pemilihan Presiden en_US
dc.title Penggunaan Media Sosial Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Generasi Z Pada Pemilihan Presiden Tahun 2024 en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account