Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengaruh penggunaan media sosial dalam meningkatkan partisipasi pemilih Generasi Z dalam pemilihan presiden tahun 2024 yang belum optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis informan sebanyak 6 orang. Teknik pengumpulan data adalah studi kepustakaan, studi lapangan (observasi dan wawancara) dan dokumentasi. Penulis menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui pengolahan data hasil wawancara dan observasi untuk ditarik kesimpulan sehingga dapat menjawab permasalahan penggunaan media sosial dalam meningkatkan partisipasi pemilih Generasi Z dalam pemilihan presiden tahun 2024.
Peneliti menggunakan teori menurut Myron Weiner, (1991) dalam Ridestian, (2020:21) yang memformulasikan adanya 5 (lima) dimensi yang mempengaruhi partisipasi politik, yaitu : Modernisasi, Perubahan-perubahan struktur kelas sosial, Pengaruh kaum intelektual dan Komunikasi massa modern, Konflik di antara kelompok-kelompok pemimpin politik, Keterlibatan pemerintah yang meluas dalam urusan sosial,ekonomi, dan kebudayaan.
Adapun hasil penelitian ialah sudah optimal sesuai dengan hasil wawancara yang dilapangan dari 8 indikator semua indikator sudah optimal, Dimana tidak terdapat kendala dan keluhan dari informan di setiap indikator, maka dengan demikian penelitian ini dianggap sudah optimal, dan tidak ada permasalahan yang signifikan yang dapat mempengaruhi Tingkat partisipasi generasi Z dalam pemilihan presiden tahun 2024.