Unigal Repository

EFISIENSI DAN SALURAN PEMASARAN SELADA HIDROPONIK DI KELOMPOK PEMUDA TANI MEKARJAYA DESA MANGGUNGJAYA KECAMATAN RAJAPOLAH KABUPATEN TASIKMALAYA ( Studi Kasus Pada Kelompok Pemuda Tani

Show simple item record

dc.contributor.author Nusa Bhakti G, David
dc.date.accessioned 2024-09-20T08:26:32Z
dc.date.available 2024-09-20T08:26:32Z
dc.date.issued 2024-09-20
dc.identifier.other David
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5747
dc.description.abstract Kelompok pemuda tani di Kampung Mekarjaya memilih hidroponik sebagai metode budidaya selada. Selain dapat mengoptimalkan lahan yang terbatas, nilai ekonomi dan permintaan pasar selada juga tinggi namun penanganan pasca panen kurang optimal dan saluran pemasaran yang cukup panjang sehingga mempengaruhi biaya dan marjin pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, biaya, marjin, dan efisiensi pemasaran. Untuk itu, digunakan metode penelitian kombinasi (kualitatif dan Kuantitatif) dengan teknik studi kasus. Delapan orang informan diambil secara sengaja, baik dari anggota kelompok pemuda tani maupun pelaku pemasaran di Pasar Cikurubuk dan Pasar Rajapolah. Penelitian dilakukan selama satu kali produksi. Data primer seperti biaya pemasaran sampai kepada harga jual dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi, sedangkan data sekunder data yang dari instansi terkait seperti data produktifitas selada, keadaan geografi dan demografi wilayah penelitian. Data primer yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran yang digunakan terkategori panjang (petani-Pedagang besar-eceran-konsumen) dengan tingkat efisiensi yang kurang dari 50 persen. Namun, kondisi tersebut dapat dianggap efisien, jika didasarkan atas hasil analisis biaya, marjin dan saluran pemasaran. Artinya, potensi untuk meningkatkan produktivitas hidroponik selada terbuka lebar, baik melalui inovasi strategi pemasaran dan ekspansi ke saluran pemasaran konvensional, modern dan cerdas. Dengan itu, efisiensi dan efektivitas pemasaran selada hidroponik dapat ditingkatkan, sehingga pendapatan dan keberlanjutan usaha pertanian. Melalui inovasi, jangkauan pasar dapat diperluas, sehingga akan berdampak luas terhadap ekonomi lokal dan peningkatan kesadaran masyarakat akan manfaat budidaya hidroponik. en_US
dc.description.sponsorship Setiawan, Iwan; Rachmawati, Jeti en_US
dc.language.iso en en_US
dc.publisher Fakultas Pertanian en_US
dc.subject Efisiensi saluran pemasaran, Lembaga pemasaran, Selada hidroponik en_US
dc.title EFISIENSI DAN SALURAN PEMASARAN SELADA HIDROPONIK DI KELOMPOK PEMUDA TANI MEKARJAYA DESA MANGGUNGJAYA KECAMATAN RAJAPOLAH KABUPATEN TASIKMALAYA ( Studi Kasus Pada Kelompok Pemuda Tani en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account