Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP berdasarkan habits of mind. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX sebanyak 6 orang. Dari 6 orang tersebut dikelompokkan berdasarkan habits of mind yaitu kategori tinggi, sedang, dan rendah untuk diberikan soal tes kemampuan berpikir kreatif dan diwawancarai. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket habits of mind, tes kemampuan berpikir kreatif, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berdasarkan habits of mind pada kategori siswa tinggi pada memenuhi empat indikator kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yaitu elaborasi (elaboration), keluwesan (flexibility), keaslian (originality) dan kelancaran (fluency) ; 2) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berdasarkan habits of mind pada kategori siswa sedang memenuhi dua indikator kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yaitu elaborasi (elaboration) dan keaslian (originality); 3) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berdasarkan habits of mind pada kategori siswa rendah pada soal nomor 1 mampu memenuhi satu indikator kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yaitu elaborasi (elaboration).