Unigal Repository

Newman’s Error Analysis (NEA) terhadap Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

Show simple item record

dc.contributor.author Adriansyah, Adit
dc.date.accessioned 2024-09-14T00:43:52Z
dc.date.available 2024-09-14T00:43:52Z
dc.date.issued 2024-09-13
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5452
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan metode Newman’s Error Analysis (NEA). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes tertulis dan wawancara. Subyek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di salah satu sekolah yang ada di Ciamis yang telah mempelajari materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan jenis dan penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLDV pada 4 soal yang telah diberikan berdasarkan metode NEA yaitu: 1) kesalahan membaca terdapat 3 peserta didik yang melakukan kesalahan. 2) kesalahan memahami terdapat 5 peserta didik yang melakukan kesalahan. 3) kesalahan transformasi terdapat 41 peserta didik yang melakukan kesalahan. 4) kesalahan keterampilan proses terdapat 14 peserta didik yang melakukan kesalahan. 5) kesalahan penulisan jawaban terdapat 30 peserta didik yang melakukan kesalahan. Tipe kesalahan terbanyak yaitu pada kesalahan transformasi sebanyak 41 kesalahan dari total 4 soal yang telah di kerjakan. Adapun penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa pada setiap kategori yaitu siswa kurang mengetahui cara membaca pemisalan soal serta tergesa-gesa dalam membaca soal, siswa tidak memahami soal, siswa merasa bingung dengan cara menyederhanakan persamaan, tidak tahu cara mengubah ke bentuk model matematika, kurang mempunyai penguasaan materi yang cukup, siswa tidak terbiasa menuliskan kesimpulan, siswa lupa menuliskan kesimpulan, dan akibat kesalahan yang terjadi sebelumnya sehingga siswa tidak dapat menyelesaikan soal ke tahap selanjutnya. en_US
dc.description.sponsorship Sri Solihah and Adang Effendi en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika/FKIP en_US
dc.title Newman’s Error Analysis (NEA) terhadap Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account