Unigal Repository

Interferensi Bahasa Sunda dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Oleh Siswa Di MTs Babakan (alternatif pengembangan bahan ajar teks deskripsi)

Show simple item record

dc.contributor.author Muzzamil Taufk, Adira
dc.date.accessioned 2024-09-11T03:58:20Z
dc.date.available 2024-09-11T03:58:20Z
dc.date.issued 2024-09-11
dc.identifier.other Adira
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5350
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul “Interferensi bahasa Sunda dalam penggunaan bahasa Indonesia oleh siswa di Mts Babakan. Permasalahan yang diteliti dirumuskan dalam bentuk rumusan masalah sebagai berikut.(1) Bagaimana interferensi bahasa Sunda mempengaruhi penggunaan bahasa Indonesia pada teks deskripsi oleh siswa di MTs Babakan Ciamis ? (2) Bagaimana bahan ajar teks deskripsi berdasarkan kajian Interferensi bahasa Sunda dalam penggunaan bahasa Indonesia oleh siswa di MTs Babakan Ciamis? Tujuan Penelitian ini mendeskripsikan Interferensi bahasa Indonesia pada teks deskripsi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di MTs Babakan Ciamis Karang Ampel, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis dan mendeskripsikan pengembangan bahan ajar yang berkaitan dengan interferensi yaitu pengembangan bahan ajar teks deksripsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Siswa MTs sebagian besar merupakan penduduk asli dan keturunan masyarakat Sunda yang memiliki kemampuan berbahasa dua bahasa. Akibat dari kemampuan bilingual ini, terjadi interferensi, yaitu penyalahgunaan bahasa yang dipengaruhi oleh bahasa pertama. Interferensi adalah penyerapan unsur-unsur dari satu bahasa ke bahasa lain yang melanggar aturan gramatikal. Penelitian ini menggunakan metode phenomenological research. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis untuk melihat tingkat dan jenis interferensi bahasa yang ditemukan dalam teks deskriptif, serta menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan munculnya interferensi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam teks deskriptif siswa kelas VII MTs Babakan terdapat interferensi di bidang fonologi, morfologi, sintaksis. en_US
dc.description.sponsorship 1. Herdiana R. 2. Hidayatullah Asep en_US
dc.language.iso en en_US
dc.subject interferensi, sosiolinguistik, bahasa sunda en_US
dc.title Interferensi Bahasa Sunda dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Oleh Siswa Di MTs Babakan (alternatif pengembangan bahan ajar teks deskripsi) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account