Abstract:
Penelitian ini berjudul “Interferensi bahasa Sunda dalam penggunaan
bahasa Indonesia oleh siswa di Mts Babakan. Permasalahan yang diteliti
dirumuskan dalam bentuk rumusan masalah sebagai berikut.(1) Bagaimana
interferensi bahasa Sunda mempengaruhi penggunaan bahasa Indonesia
pada teks deskripsi oleh siswa di MTs Babakan Ciamis ? (2) Bagaimana
bahan ajar teks deskripsi berdasarkan kajian Interferensi bahasa Sunda
dalam penggunaan bahasa Indonesia oleh siswa di MTs Babakan Ciamis?
Tujuan Penelitian ini mendeskripsikan Interferensi bahasa Indonesia pada
teks deskripsi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di MTs Babakan
Ciamis Karang Ampel, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis dan
mendeskripsikan pengembangan bahan ajar yang berkaitan dengan
interferensi yaitu pengembangan bahan ajar teks deksripsi. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Siswa
MTs sebagian besar merupakan penduduk asli dan keturunan masyarakat
Sunda yang memiliki kemampuan berbahasa dua bahasa. Akibat dari
kemampuan bilingual ini, terjadi interferensi, yaitu penyalahgunaan bahasa
yang dipengaruhi oleh bahasa pertama. Interferensi adalah penyerapan
unsur-unsur dari satu bahasa ke bahasa lain yang melanggar aturan
gramatikal. Penelitian ini menggunakan metode phenomenological
research. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi
lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis
untuk melihat tingkat dan jenis interferensi bahasa yang ditemukan dalam
teks deskriptif, serta menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan
munculnya interferensi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
dalam teks deskriptif siswa kelas VII MTs Babakan terdapat interferensi di
bidang fonologi, morfologi, sintaksis.