Unigal Repository

PENGUATAN KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN (Studi Kasus terhadap Guru PPKn di SMP Negeri 3 Banjar)

Show simple item record

dc.contributor.author Mulyana, Nur
dc.date.accessioned 2024-09-07T04:28:48Z
dc.date.available 2024-09-07T04:28:48Z
dc.date.issued 2024-07-27
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5280
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya kualitas pembelajaran di SMPN 3 Banjar tiga tahun terakhir sehingga perlu diadakan penguatan terhadap kompetensi paedagogik guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengdeskrisikan implementasi, kendala, upaya dan strategi penguatan kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 3 Banjar, studi kasus terhadap guru PPKn. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari guru PPKn, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif, dengan alur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penguatan kompetensi pedagogik guru di SMPN 3 Banjar dilakukan guru dan sekolah melalui pelatihan dan evaluasi serta telah berjalan dengan optimal sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran sekalipun guru belum menerapkan pembelajaran diferensiasi sebagai upaya meningkatkan potensi individu peserta didik. Kendala yang menghambat penguatan kompetensi pedagogik guru yaitu kurangnya pelatihan, sarana prasarana yang terbatas, dan beban kerja guru yang tinggi. Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala penguatan kompetensi pedagogik guru, yaitu meliputi internalisasi motivasi dan kesadaran diri dengan mengikuti pelatihan, berkolaborasi dengan program coaching akademik, mempelajari alat teknologi informasi dan komunikasi untuk membantu beban administasi guru dan mengikuti komunitas belajar. Berdasarkan temuan penelitian, diketahui strategi penguatan kompetensi pedagogik guru dilakukan memalui pengembangan diri, pemanfaatan teknologi, berkolaborasi dengan rekan sejawat, keterlibatan orang tua, evaluasi dan refleksi. en_US
dc.subject Kompetensi Pedagogik Guru, Kualitas Pembelajaran en_US
dc.title PENGUATAN KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN (Studi Kasus terhadap Guru PPKn di SMP Negeri 3 Banjar) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account